Langsung ke konten utama

#SekolahAlam3

Agrobisnis
Di unit bisnis ini, kita akan diajarkan banyak sekali hal, tentunya yang berkaitan dengan kebun. Dari mulai bercocok tanam, mencangkok sampai menjual hasil tanaman.
Yang kuingat pertama kali dibisnis ini adalah saat itu kita dibawa ke tanah yang sama sekali belum disentuh oleh pacul (belum digarap/dibuat berbedeng-bedeng).
Hari itu, hari pertama kebun, pas lagi puasa, kita diajak ke sana bersama Pak Agus. Pak Agus sebagai mentor kebun sekaligus guru kelas kami. Beliau membuka lahan dengan senjata sebilah pacul. Lalu kami dipersilakan untuk melanjutkan. Karena aku suka bidang pertanian ya akhirnya aku deh yang pertama macul. Disusul teman-teman yang lain yang diberi tugas mencangkul sedalam 10 cm sepanjang 5 meter. Banyak yang terlihat kewalahan karena belum terbiasa. its funny
Kegiatan lainnya seperti menyemai bibit di pot kecil-kecil yang harus disiram pake semprotan burung setiap pagi dan sore.
Kegiatan observasi tumbuhan yang setiap pagi dilakukan. Mengukur tinggi tanaman dan banyak daun. Seperti melakukan penelitian.
Kigiatan selanjutnya yaitu pembelajaran perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Nah lo, apaan tuh. Jadi semisal tumbuhan yang berkembangbiak tanpa bunga yang lengkap. Bingung? Jadi tumbuhan biasa memiliki bunga yang ada putik dan benang sari. Ada juga cara lain dengan mencangkok dan okulasi. Mengcangkok seperti yang kita ketahui adalah mengelupas batang pohon dengan tujuan memperbanyak jumlah tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya. Sedangkan okulasi adalah mengambil 'mata' yang ada di batang buah yang manis kemudian ditempelkan ke lubang mata batang yang sudang diambil.
Ada juga Aquaponic yang berari sebuah sistem yang menggabungkan kolam ikan dengan media tanam berupa batu. Gimana tuh? Jadi air dari kolam yang mengandung banyak nutrisi dari kotoran ikan akan mengalir ke tempat tanaman kemudian setelah masuk tempat tanaman di alirkan lagi ke kolam. Kenapa batu yang dipilih, ya biar masih bisa ngalir, kalo tanah kan nanti malah menyumbat pipa pengaliran.
Tidak hanya kegiatan bertani yang ada di unit bisnis kebun. Anak kebun juga diajarkan untuk mengolah hasil mereka serta memasarkannya.
Beberapa kali kami memasak, ada keripik bayam, singkong balado dan torakur. Semua dilakukan dengan bahan dari kebun. Jadi kita mengolah hasil pertanian baru dijual agar menaikan harga.
Kegiatan menjual juga salah satu dari program seluruh unit bisnis, termasuk kebun. Dari menjual buah dan sayur segar, sampai menjual hasil olahan. Dari cara door to door hingga stand. Kita juga ditraining dengan pola penjualan pengusaha sukses ternama. Serta berbagai cerita kehebatan bisnis mereka.
Puncak kegiatan kebun ditutup dengan sebuah chalange, yaitu membuat satu olahan kemudian dijual ke area sekolah. Dengan modal sendiri dan hasil sendiri.
Ada beberapa kelompok dengan hasilnya masing-masing. Ada yang menjual roti bakar sampai pisang obama. Macem-macem deh..
Pokoknya seru deh semua kegiatan di SMP Alam Ar Ridho. Yang nggak membosankan dan memberikan bekal kepada pemuda untuk terus berkarya dalam bidang pertanian yang sangat berponsi di Indonesia. Serta berinovasi dalam globalisasi yang ada.
.SMP Alam Ar Ridho

.KebunkuKeren